Senin, 11 Oktober 2010

pengaruh lingkungan terhadap perusahaan

PENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP PERUSAHAAN

Pengertian Lingkungan Perusahaan
Lingkungan perusahaan dapat diartikan sebagai keseluruhan dari factor-faktor ekstern yang mempengaruhi perusahaan baik organisasi maupun kegiatannya. Sedangkan arti lingkungan secara luas mencakup semua factor ekstern yang mempengaruhi individu, perusahaan, dan masyarakat. Faktor-faktor yang mempengaruhi perusahaan tersebut adalah luas dan banyak ragamnya, termasuk aspek-aspek ekonomi, politik, social, etika-hukum, dan ekologi/fisik dan sebagainya.
Masyarakat pluralistic adalah ombinasi dari berbagai kelompok yang mempengaruhi perusahaan. Dalam masyarakat pluralistic, terdapat banyak pusat kekuatan, masing-masing mempunyai sifat mandiri. Berbagai kelompok tersebut dapat menyebarkan kekuatan dan mencegah terjadinya pemusatan kekuatan pada satu segmen saja. Hubungan-hubungan yang baik dapat tejadi dengan saling member melalui kompromi, bukannya dengan paksaan. Dalam hal ini, plurarisme mencerminkan usaha manusia untuk mempertemukan kebutuhan dan kepentingan dari berbagai organisasi.

Kesan Negatif Tentang Perusahaan
Dari pemberitaan pers yang dapat kita ikuti, banyak masalah yang menciptakan kesan negative tentang perusahaan, antara lain menyangkut penyelewengan pajak, penyelundupan barang, penyogokan kepada pejabat pemerintah, periklanan yang menipu, kebocoran pabrik yang berbahaya, pembayaran-pembayaran yang tidak legal dan sebagainya.
Kritik terhadap perusahaan tidak hanya terbatas pada pertimbangan ekonomi, moral, etik, dan politik saja; tetapi juga menyangkut lingkungan fisik . Limbah kimia yang berbahaya dibuang begitu saja kesungai. Polusi udara juga meningkat, bahkan belum lama ini di Jakarta telh ditemukan bahwa kandungan carbon monoxide dalam air hjan cukup banyak. Sehingga masyarakat Jakarta dianjurkan untuk tidak menggunakan air hujan sebagai air minum
Usaha-usaha untuk Memperbaiki Kesan Negatif
Untuk memperbaki kesan negative dari masyarakat terhadap perusahaan, tentunya perusahaan harus tidak menciptakan masalah-masalah yang negative serta perlu melaksanakan hubungan masyarakat (humas) yang efektif . Saran dai pemerintah dan keluhan dari masyarakat . Kegiatan humas yang baik harus dapat menciptakan komunikasi dua arah yang serasi antara perusahaan dengan pemerintah, bukabbya hanya ber propaganda saja.

LIGKUNGAN FISIK, ENERGI DAN OSERVASI
Dari masalah-maslah ekonomi dan social, salah satu masalah yang sangat sulit diatasi dan memerlukan biaya yang besar adalah yang berkaitan dengan lingkungan fisik. Dibeberapa kota di Indonesia, seperti Jakarta dan Surabaya sudah dirasakan semakin besarnya polusi udara dan air; bahkan di bagian kota Yogyakarta yang tidak begitu besar juga dirasakan adanya pencemaran airtanah karena kondisi permukiman yang berjubel serta pembuangan limbah yang terlalu dekat dengan air

EKOLOGI
Ekologi adalah suatu ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dengan lingkungannya. Kualitas lingkungan kita sudah semakin menurun. Hal ini terutama disebabkan oleh kombinasi oleh tiga factor :
1. Semakin meningkatnya konsentrasi penduduk
2. Perkembangan teknologi baru
3. Semakin meningkatnya kemakmuran ekonomi.
Hampir setiap orang setuju dengan anggapan bahwa kita seharusnya menjaga kondisi lingkungan dengan baik secara ekologis. Tetapi pencapaian tujuan ini memerlukan adanya usaha timbal balik yang mungkin tidak selalu kita inginkan. Sebagai contoh, meskipun kita khawatir akan bahaya pencemaran air oleh tumpahnya minyak dari kapal tanker raksasa, namun penyediaan minyak, dengan harga yang wajar bahkan snagat murah saat ini (US $10,00 per barel), masih terus berlangsung .
Macam-macam Polusi
Polusi merupakan pengrusakan lingkungan alam dimana kita hidup dan bekerja. Air dan udara yang sebelumnya bersih, sekarang telah tercemar Masing-masing jenis polusi berikut ini menjadi ancaman bagi lingkungan yang sehat :
1. Pencemaran udara
2. Pencemaran air
3. Pencemaran sampah awet
Pencemaran Udara
Rata-rata orang menghirup udara sebanyak 35 pon per hari. Jumlah ini merupakan enam kali dari jumlah makanan dan minuman yang dikonsumsi secara normal. Polusi udara ini menimbulkan dampak negative yang biasanya dikaitkan dengan penyakit jantung dan pernapasan. Kita dapat membayangkan bilamana seseorang dalam garasi tertutup menghidupkan mobil, maka lama kelamaan orang itu akan megalami sesak napas dan bahkan menjadi lemas, atau bahkan meninggal karena terlalu banyak menghirup gas karbon . Kita juga mengalami keadaan yang serupa di udara bebas ini meskipun kadar gas karbon yang kita hirup lebih sedikit. Tetapi dapat di duga bahwa pencemaran seperti ini berpengaruh terhadap kesehatan setiap orang .
Pencemaran Air
Cukup banyak kasus pencemaran air yang berasal dari berbagai macam sumber, seperti lingkungan industry, pemukiman, dan lingkungan pertanian. Penggunaan pupuk yang mempunyai kandungan cukup besar dapat meyebabkan polusi air baik di permukaan Maupin didalam tanah. Padatnya permukiman di suatu daerah atau kampung, seperti yang terjadi di Yogyakarta, juga dapat menjadi sumber polusi air. Jarak antara sumber air tanah dengan tangki peresapan (pembuangan kotoran) saling berdekatan sehingga bakteri-bakteri dalam tangki peresapan dapat merembes masuk ke sumber air. Air yang mengandung bakteri-bakteri tersbut tidak baik bagi kesehatan badan jika diminum.

ENERGI DAN KONSERVASI
Di Indonesia sumber energy minyak bumi sudah lama digunakan disamping batu bara dan air. Kemudian muncul penggunaan gas alam yag ada did lam negeri; dan akhir-akhir ini sudah mulai di kembangkan penggunaan energy matahari serta kemungkinan penggunaan tenaga nuklir . Dari berbagai sumber kiranya energy matahari dapat memberikan prospek penggunaa yang baik dimasa depan mengingat bahay yang hamper tidak ada, biayanya murah dan bebas polusi. Sebagian besar penggunaan energy di dunia saat ini masih bergantung pada minyak dan gas .

LINGKUNGAN PEREKONOMIAN DAN PERPAJAKAN
Alasan-alasan bagi meningkatnya pengeluaran Pemerintah
Pemerintah membayar pengeluarannya dari hasil pemungutan pajak. Alasan-alasan bagi pemerintah untuk menaikkan pajak adalah untuk membiayai pengeluaran yang semakiin meningkat. Meningkatnya pengeluaran pemerintah ini merupakan suatu tendensi yang mungkin menyebabkan naiknya laju pertumbuhan urbanisasi.

Penerimaan dan Pengeluaran Pemerintah
Apabila pengeluaran pemerintah lebih besar dari penerimaannya maka akan terjadi deficit Negara. Untuk menutup deficit ini dapatlah dilakukan peminjama kepada bank-bank. Jumlah uang yang dipinjamkan denga cara ini disebut utang Negara. Tidak semua pajak yang dipungut oleh pemerintah ditujukan untuk meningkatkan penghasilan, terutama pajak-pajak yang dikenakan pada tempat perjudian, dan pajak impor untuk melindungi kegiatan usaha dalam negeri terhadap persaingan harga. Ada beberapa macam pajak yang dikenakan oleh pemerintah, antara lain:
a. Pajak tidak langsung adalah Pajak yang dikenakan atas barang-barang seperti rokok, tembakau, minuman keras, dan sebagainya, yang dibayar oleh imppotir, produsen dan pedagang besar.
b. Pajak langsung adalah termasuk pajak langsung karena langsung di kenakan atau dipungut atau pembayar pajak.

LINGKUNGAN HUKUM
HUkum yang ada di Indonesia dapat dikelompokkan kedalam 2 bagian :
1. Hukum public
Hukum public ini mengatur masalah-masalah yang mengatur kepentingan dan keamanan umum. Pengertian umum disini meliputi: seseorang, sekelompok orang, masyarakat dan Negara. Yang termasuk dalam hukum public adalah hukum tatanegara, hukum tatausaha, dan hukum pidana
2. Hukum Privat
Hukum privat merupakan hukum yang mengatur tentang hal-hal yang berhubungan dengan kepentingan seseorang dan kelompok-kelompok dalam suatu masyarakat. Termasuk dalam hukum privat adalah hukum perdata dan hukum dagang.

LINGKUNGAN PEMERINTAHAN
Hubungan antara perusahaan dan pemerintahan telah berkembang dari usaha-usaha untuk menggali dan menggunakan sumber-sumber ekonomi yang ditujukan untuk menciptakan kondisi perekonomian yang sehat. Hubungan ini menimbulkan berbagai macam kegiatan usaha dan akan berpengaruh terhadap sumber-sumber yang harus digunakan.
Perhatian Pemerintah Terhadap Kegiatan Usaha
Pemerintah telah memberikan bantuan dalam kehidupan perusahaan terutama berupa perlindungan atas kekayaan, pengadaan kontrak, dan pemberian paten .Bantuan- bantuan pemerintah meliputi :
1. Bantuan bidang Transportasi
2. Bantuan pada perusahaan-perusahan kecil
3. Bantuan di bidang komunikasi
LINGKUNGAN INTERNASIONAL
Neraca Pembayaran Internasional
Keadaan perekonomian internasional beberapa Negara di tunjukan dalam neraca pembayaraannya . Neraca pembayarn ini menggambarkan transaksi-transaki internasional. Yaitu sejumlah utang Negara Y terhadap Negara X, suatu konsep penting yang berhubunga dengan neraca pembayaran adalah neraca perdagangan.
Perusahaan-perusahaan Multinasional (Multinational Corporation)
Perusahaan-perusahaan Multinational kebanyakan dari Negara-negara eropa, Amerika, dan jepang. Pasar yang dikuasainya meliputi beberapa Negara selain negaranya sendiri. Misalnya, perusahaan mobil Volkswagen/VW dari Jerman barat, sekarang menjual 67% hasil produksinya di luar Jerman . Dan lain-lainnya .
Kegiatan-kegiatan Multinational
Perusahaan-perusahaan multinational bertujuan memasarkan barang hasil produksinya tidak hanya ke suatu Negara saja , tetapi juga ke Negara-negara lain. Kemudian mendirikan perusahaan perakitan/assembling di Negara kedua untuk melayani kebutuhannya disamping Negara ketiga yang ada di sekitarnya. Perusahaan-perusahaan Multinational beroperasi disuatu Negara untuk mengembangkan pasarnya secara ekonomis dan berusaha memanfaatkan keadaan politik yang menguntungkan.
Ciri-ciri Perusahaan Multinational
PBB dalam laporan tahunan 1973 mendefinisikan perusahaan Multinational sebagai satu perusahaan yang kegiatan pokoknya meliputi usaha-usaha pengolahan/ manufaktur atau pemberian jasa dalam sedikitnya dua Negara. Dengan definisi ini maka Perusahaan Multinational merupakan sumber dari penanaman mod lasing langsung dan jumlahnya merupakan ukurn kegiatan perusahaan itu.
Kebaikan dan Keburukan Perusahaan Multinational
A. Kebaikan Perusahaan Multinational
1. Menambah defisa negra melalui penanaman modal di bidang ekspor
2. Mengurangi devisa untuk impor disektor industry
3. Memodrnisir industi
4. Menambah kesempatan kerja dengan membuka lapangan kerja baru
5. Ikut mendukung pembangunan nasional . dan lain-lain
B. Keburukan Perusahaan Multinational
1. Makin banyaknya perusahaan Multinational yang didirikan dapat mempengaruhi kekuasaan ekonomi Negara
2. Dapat merusak kehidupan politik dan ekonomi Negara
3. Mencari keuntungan sebesar-besarnya dengan memperbesar modal merupakan motif Perusahaan-perusahaan Multinational.
LEMBAGA-LEMBAGA YANG MEMBANTU PERDAGANGAN INTERATIONAL
Untuk menjual barang keluar negeri atau mengimpor barang dari luar negeri, sering diperlukan adanya lembaga-lembaga peranta kegiatan mereka lebih memudahkan pelaksanaan ekspor atau impor tersebut . Peranta ini di sebut Middlemen, di bedakan kedalam empat golongan.
1. Export and Import Comission House
2. Merchant Exporters and Importers
3. Manufactures Export Agents
4. Export and Import Brokers
Perkembangan Impor dan Ekspor di Indonesia
Setiap tahun sejak 1969 keadaan ekspor Indonesia secara keseluruhan mengalami perkembangan yang positif dalam nilai dollar. Tetapi mulai periode1981/1982 keadaan ekspor ini mulai mengalami fluktuasi . Pada dasarnya barang-barang yang diekspor dapat digoongkan kedalam dua kelompok, yakni barang-barang selain migas dan migas (minyak dan gas bumi)
Barang-barang yang termasuk kategori bukan minyak dikelompokkan lagi menjadi:
1. Golongan barang utama, terdiri atas : kayu, karet, timah, minyak kelapa sawit, kopi, tembakau, the, dan biji kelapa sawit.
2. Golongan barang lain, terdiri atas : hewan beserta hasilnya, lada, bungkil kopra, kopra, bahan makanan, barang tambang dan lain-lain.
Impor yang di lakukan Indonesia meliputi tiga macam impor golongan barang :
1. Barang konsumsi, terdiri atas: Beras, tepung terigu, tekstil dan lain-lain
2. Bahan baku dan penolong, terdiri atas: cengkeh, bahan kimia, dan preparat kimia, bahan cat, pupuk,kertas, benang tenun, cambric, dan shirting, dan lain sebagainya
3. Barang modal terdiri atas : mesin-mesin, generator listrik, alat telekomunikasi, dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar