Senin, 24 Desember 2012

TUGAS 4 : Kalimat Efektif dan Kalimat tidak efektif

  1.  Kalimat Tidak Efektif
        Kalimat tidak efektif adalah kalimat yang tidak memiliki atau mempunyai sifat-sifat yang terdapat pada kalimat efektif.

Contoh Paragraf yang terdapat kalimat tidak efektif :

       Febrian rajin bekerja agar supaya dapat mencukupi kebutuhan hidup dia dan adiknya. Sejak dari usia delapan tahun ia telah ditinggalkan ayahnya. Dia bekerja sebagai pelayan di sebuah toko. Tetapi dia  harus merubah kebiasaan yang buruknya bangun siang. Karena kebiasaanya itu, Febrian diperingati oleh bossnya agar tidak mengulangi perbuatannya.

    2.   Kalimat Efektif

         Kalimat efektif adalah kalimat yang dapat mewakili gagasan pembicara atau penulis serta dapat diterima maksudnya/arti serta tujuannya seperti yang di maksud penulis /pembicara. Kalimat efektif juga merupakan kalimat yang padat, singkat, jelas, lengkap, dan dapat menyampaikan informasi secara tepat.

Contoh Paragraf yang terdapat kalimat efektif :

      Kampus kami terletak di depan kantor BNN. Dikampus kami sedang diadakan kelas umun yang di hadiri oleh bapak presiden RI. Acara tersebut dihadiri oleh para pemimpin dan staff kampus. Para mahasiswa serentak berdiri setelah mengetahui bahwa presiden RI datang. Pembahasan yang dikemukakan beliau sangatlah menarik yaitu cara membangun karakteristik mahasiswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar